Audio Mobil: Banyak Penikmat Gelaran Kabin Mengabaikan Tweeter, Padahal Perannya Amat Penting

by Yulian Lahardi

Audio Mobil: Banyak Penikmat Gelaran Kabin Mengabaikan Tweeter, Padahal Perannya Amat Penting
Masing-masing peranti audio mobil memiliki fungsi masing-masing, inilah peran tweeter yang banyak orang tidak tahu.

 

 

Tidak sedikit penikmat gelaran kabin memberikan fokus perhatian pada head unit, speaker, dan subwoofer. Padahal peran tweeter amatlah penting. Seperti yang pernah diutarakan oleh Andrie Widjaja, selaku instalatur kawakan dari Bassindo Mobile Audio Installer (BMAI) di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Peran tweeter adalah menghasilkan suara dengan nada frekuensi tinggi, sehingga kalau diabaikan maka musik yang dikeluarkan dari speaker akan terdengar pincang atau istilah orang audio kurang solid,” jelas pria yang pernah belajar audio mobil hingga ke Amerika Serikat ini.

Tidak hanya itu, Andrie juga menyarankan agar posisi tweeter diletakkan di atas dasbor pada sisi kanan dan kiri pilar A. “Arahnya menuju ke pengemudi atau penumpang depan sehingga dihasilkan suara di titik tengah,” jelasnya seraya berujar seakan-akan suara yang terdengar seperti dihasilkan di atas panggung musik.

Masih menurutnya, konsumen audio mobil juga harus jeli dalam membeli jenis speaker karena biasanya berhubungan langsung dengan peran tweeter. “Pilih jenis speaker depan split karena terpisah dari tweeter yang bisa dipasang di atas dasbor, sementara untuk speaker belakang bisa tunjuk model coaxial dimana suara vokal pada speaker dan tweeter menyatu,” ujarnya lagi.

Penasaran? Silakan coba langsung!