Camatte Petta, Mobil Konsep Toyota Untuk Anak-Anak

by Iro-Iro

Camatte Petta, Mobil Konsep Toyota Untuk Anak-Anak
Dengan tujuan mengenalkan kendaraan sejak dini, Camatte Petta akhirnya dibuat. Diharapkan pengelaman mengendara sewaktu kecil melekat hingga dewasa.

Banyak cara yang dilakukan pabrikan kendaraan dalam memperkenalkan teknologi serta keunggulan produk bagi calon konsumennya. Jika memikat orang dewasa sudah menjadi hal  biasa, kali ini Toyota menghadirkan sebuah kendaraan konsep yang didesain khusus untuk anak-anak. Camatte Petta (baca: Kamate Pita), demikian Toyota menamai kendaraan berdimensi 3.075 mm x 1.235 mm x 1.315 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 1.800 mm yang mampu mengangkut 3 orang penumpang ini.

Dalam sebuah acara bertajuk “Tokyo Toy Show” yang digelar dalam rangka memperingati hari anak internasional pada  1-4 Juni 2017 lalu, Toyota, untuk pertama kalinya sejak Camatte diluncurkan pada tahun 2012, memperbolehkan anak-anak untuk menjajal keasyikan berkendara di balik setir, menginjak pedal gas dan rem. Namun sebelum diperbolehkan mengendarai Camatte dengan pendampingan orang dewasa, anak-anak harus mengikuti pelatihan singkat dengan mengoperasikan simulator mengemudi yang sudah dirancang khusus bagi mereka. Setelah berhasil mengikuti pelatihan tersebut, sang anak akan memperoleh “SIM” dan diperkenankan untuk mengemudikan Camatte di lintasan mini yang terdapat di stan Toyota.

 

RR

Anak-anak boleh memilih desain kendaraannya sendiri. Toyota menyiapkan lima desain berbeda berupa magnet berukuran besar berwarna-warni yang bisa dipasang dan dilepaskan pada bodi Camatte. Keseluruhan proses yang dilakukan anak-anak mulai dari melakukan pelatihan mengemudi, mendapatkan SIM, memilih desain kendaraan sebelum akhirnya mengendarai Camatte sengaja diusung Toyota untuk gambaran simulasi bagaimana orang dewasa mempersiapkan diri hingga membeli dan mengendarai mobil idamannya dengan aman.

RR

Adalah Sumie Teraoka, sosok di balik mobil mungil yang saat ini belum ada rencana untuk dijual oleh Toyota. Dengan pengalaman bertahun-tahun sebagai insinyur, termasuk bekerja dalam merancang desain interior Lexus RX, Teraoka yang telah menjadi Chief Engineer Camatte sejak tahun 2015 memiliki visi untuk memberikan senyum di wajah anak-anak.

RR

Camatte dalam bahasa Jepang memiliki arti peduli. Melalui pemilihan nama ini, Toyota ingin menyampaikan pesan agar anak-anak mulai mencintai mobil sejak dini dengan harapan bahwa pengalaman pertama mengendarai Camatte tetap melekat dan tidak terlupakan hingga mereka dewasa nanti.