GIIAS 2017 : Seperti Ini Tips Berbelanja di GIIAS

by Yulian Lahardi

GIIAS 2017 : Seperti Ini Tips Berbelanja di GIIAS
Berbelanja yang aman dan cermat, wajib dilakukan oleh setiap orang. Seperti apa kiat berbelanja yang menyenangkan dan aman di GIIAS 2017 mendatang, ikuti tips ini.

 

Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang akan berlangsung di ICE, BSD, Tangerang, sudah di depan mata (10-20/8). Bukan saja menggelar parade kendaraan baru dengan gimik-gimik menarik, tetapi juga ragam aksesori akan dipamerkan. Mulai dari car care, audio, kaca film, hingga pelapis jok.

Pun begitu, masyarakat diminta bijak dalam berbelanja. Artinya, tidak sembarangan dalam memilih barang atau produk yang diinginkan. Seperti yang diutarakan oleh Christopher Sebastian, selaku anggota Gatomi (Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia), bahwa banyaknya pilihan produk justru bisa membingungkan pengunjung GIIAS. Alhasil, masih menurutnya, kebutuhan pengunjung akan bias dengan keinginginannya membeli produk.

“Begitu perangkat itu sudah terpasang, setelah beberapa hari, konsumen baru menyadarinya bahwa aksesori yang dibeli bukanlah kebutuhannya,” jelas Chris, sapaan akrabnya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Chris yang juga aktif di Pahami (Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia) memberikan sejumlah tips ringan agar konsumen terhindar dari kerugian.

Pertama, membeli produk sesuai kebutuhan dan dimulai dari perencanaan produk, tipe, fitur, keunggulan, serta harga. “Sebaiknya lakukan perbandingan harga terlebih dahulu di berbagai iklan media on-line, hati-hati, bisa jadi diskon harga yang diberikan di GIIAS, masih lebih tinggi ketimbang harga di pasaran,” jelas Chris.

Berikutnya, jangan ragu menanyakan perihal garansi serta masa jaminan berakhir. “Baik itu di pelapis jok, karpet, audio, kaca film, dan lainnya,” ujar Chris lagi. Lanjutnya, khusus untuk pembelian head unit, sebaiknya perhatikan fitur yang tersedia, apakah melebihi dari fitur standar mobil. “Jangan-jangan fitur head unit yang ditawarkan juga sama dengan bawaan mobil tapi hanya istilah atau penamaan fiturnya saja yang berbeda, sehingga konsumen bisa rugi bila membeli barang tersebut,” ujarnya.

Kecermatan juga perlu dilakoni untuk pembelian produk-produk car care dan kaca film. Baca istilah-istilah yang diperlihatkan pada kemasan atau brosur yang ditawarkan. Bila perlu tanyakan istilah-istilah tersebut pada penjaga booth atau konsumen bisa mencarinya sendiri via media on-line.

Kata Chris lagi, ada baiknya calon customer membaca referensi produk atau komparasi barang yang akan dibelinya dari sejumlah media cetak atau on-line. “Hal tersebut akan menambah wawasan konsumen terhadap aksesori atau barang yang akan dibeli di GIIAS,” jelasnya lagi.

Selamat mencoba!