Honda Himbau Pastikan Komponen Pengganti SRS Airbag Dibeli Langsung Dari Bengkel Resmi

by Aditya Widiutomo

Honda Himbau Pastikan Komponen Pengganti SRS Airbag Dibeli Langsung Dari Bengkel Resmi
Mengacu pada kecelakaan di Amerika Serikat, Honda di Indonesia meminta menggunakan produk resmi. Ini juga merupakan salah satu kepedulian PT Honda Prospect Motor atas keselamatan para penggunanya.

Honda mengkonfirmasi adanya inflator airbag Takata yang mengeluarkan serpihan dalam kecelakaan yang melibatkan Honda Accord lansiran 2002 pada 3 Maret 2017 di Amerika Serikat. Akibat insiden ini, pengemudi mengalami luka serius.  Hasil pemeriksaan terhadap komponen SRS airbag terkait, ternyata yang terpasang bukan inflator airbag asli bawaan kendaraan dan juga bukan komponen pengganti dari program penggantian komponen yang dilakukan oleh  resmi Honda Amerika pada tahun 2012 dan 2015.

Berdasarkan penelusuran riwayat, kendaraan tersebut pernah mengalami kecelakaan pada April 2015 dengan kondisi rusak parah. Setelah diperbaiki, dijual kepada pemilik saat ini (pemilik kedua). SRS airbag yang mengembang pada kendaraan tersebut berasal dari Honda Accord produksi 2001.

Berdasarkan insiden tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghimbau seluruh pemilik kendaraan Honda di Indonesia bahwa seluruh perbaikan terkait SRS airbag harus dilakukan di bengkel resmi. Sehingga dapat dipastikan komponen tersebut baru dan asli serta sesuai standard prosedur perbaikan Honda.

HPM tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kecelakaan terhadap pengemudi ataupun penumpang bila terdapat penggunaan atau pemasangan komponen SRS airbag yang tidak direkomendasikan.

HPM saat ini sudah memiliki persediaan airbag inflator pengganti yang cukup untuk mengganti komponen airbag inflator Takata dalam program kampanye penggantian airbag inflator. HPM terus menghimbau kepada semua pemilik kendaraan untuk segera memeriksakan kendaraan di bengkel resmiHonda untuk menjadwalkan penggantian secara gratis.