Tahun Ajaran Baru, Pasar Aksesori Kendaraan Roda Empat Lumpuh!

by Yulian Lahardi

Tahun Ajaran Baru, Pasar Aksesori Kendaraan Roda Empat Lumpuh!
Tahun ajaran baru di sekolah, disinyalir menjadi salah satu penyebab daya beli aksesori kendaraan melemah. Bahkan penurunan bisa mencapai 70 persen dari bulan sebelumnya.

 

Sebulan lebih pasca-lebaran, pasar aksesori kendaraan roda empat di sejumlah titik terlihat lumpuh. Berdasarkan pemantauan Carmoto.id di lapangan, sejumlah toko aksesori terlihat minim transaksi.

Kondisi itu diakui oleh Andrie Widjaja, selaku pemilik Bassindo Mobile Audio Installer di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. “Bulan ini berbenturan dengan banyak orang tua mendaftarkan anaknya sekolah serta pasca-lebaran memang rutin hampir tiap tahun sepi pembeli,” jelasnya.

Bukan saja Andrie, gerai Rezeki Cemerlang Motor di kawasan Ciater, Tangerang Selatan, juga alami hal serupa. “Seminggu hanya beberapa pengunjung yang datang, itupun nilai transaksinya juga kecil, sehingga tidak bisa menutup biaya karyawan di bulan ini (Juli, red),” ujar Joko, selaku punggawa gerai yang terkenal menjual ragam talang air dari berbagai merek kendaraan tersebut.

Sementara itu Alux, pemilik Auto Dellusion, toko body parts impor di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat menuturkan, bahwa pasar aksesori saat ini memang benar-benar lumpuh lantaran banyak kendaraan baru yang sudah dilengkapi dengan aksesori opsional dari dealernya.

“Mulai dari fitur head unit yang sudah mumpuni, talang air, foglamp, dan penawaran karpet dasar,” ujar Alux seraya menyebut penurunan bias mencapai 70% dari bulan-bulan sebelumnya.

Selain itu masih menurutnya, untuk kendaraan yang sudah terpakai atau berstatus bekas, saat ini banyak yang mengurangi pembelian karena untuk kebutuhan anak sekolah. “Tapi biasanya, dua bulan dari kondisi ini, pasar aksesori mulai hidup lagi,” jelasnya lagi. Semoga!