Wintor : Akhirnya, Alat Angkut Serbaguna Ini Diekspor Oleh Astra Otoparts

by Yulian Lahardi

Wintor : Akhirnya, Alat Angkut Serbaguna Ini Diekspor Oleh Astra Otoparts
Kabar membanggakan datang dari salah satu anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk, PT Velasto Indonesia. Alat angkut serbaguna karya anak bangsa, Wintor, melakukan ekspor perdana.

 

Beberapa waktu lalu, Jumat (28/7), PT. Velasto Indonesia telah meresmikan ekspor perdana unit alat angkut khusus perkebunan serbaguna.

Karya anak bangsa tersebut telah memiliki kandungan komponen lokal mencapai 86%. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan didampingi Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto meresmikan ekspor perdana Wintor ini.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, perwakilan pemerintah daerah setempat dan eksekutif Grup Astra.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilki, Wintor diklaim siap untuk masuk di pasar internasional dengan membidik Malaysia sebagai negara dengan perkebunan kelapa sawit terluas kedua di dunia, setelah Indonesia.

Malaysia diharapkan dapat menjadi pasar potensial ke depan untuk pemasaran Wintor. Proses desain dan produksi Wintor saat ini dilakukan oleh PT Velasto Indonesia di fasilitas produksi di Cikarang dengan dukungan vendor, pemasok serta UKM Indonesia dengan kapasitas produksi bisa mencapai 3.000 unit per tahun.

Sekadar catatan saja, bahwa PT Astra Otoparts Tbk merupakan perusahaan pengendali PT Velasto Indonesia dengan kepemilikan 100% saham. Hadir sebagai alat angkut khusus dengan konsep desain unit yang tepat guna, Wintor diciptakan baik untuk lahan perkebunan dengan kontur tanah yang datar maupun berbukit.

Selain itu, sebagai alat angkut serbaguna, Wintor dapat dikonversi ke berbagai aplikasi, baik di perkebunan maupun pertanian.

Sejak November 2013 hingga Saat ini, PT Velasto Indonesia telah memproduksi 1.177 unit Wintor yang tersebar di seluruh lokasi Indonesia. Kehadiran Wintor diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung program mekanisasi dan membantu meningkatkan efektivitas operasional dan produktivitas panen komoditas.

Wintor menggunakan mesin diesel 10 HP sehingga mampu mengangkut kelapa sawit dan hasil perkebunan lainnya dengan kapasitas sampai dengan 500 kg dan dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 0,5 liter per jam. Fitur ini menjadikan Wintor sebagai alat angkut khusus yang memiliki performa tinggi namun irit bahan bakar.