Audio Mobil: Begini Cara Memilih Head Unit Bekas

by Yulian Lahardi

Audio Mobil: Begini Cara Memilih Head Unit Bekas
Membeli head unit bekas merupakan salah satu contoh smart buying yang kerap dilakukan pegiat otomotif. Selain secara kualitas juga masih banyak yang terjangkau, secara harga juga jauh lebih murah.

 

Welly, instalatur audio kawakan dari Sinar Jaya Harmoni di kawasan Letnan Soetopo, Tangerang Selatan, menyebut bahwa memilih head unit bekas juga perlu kecermatan.

“Untuk itu, masyarakat harus memperhatikan beberapa aspek agar usia head unit yang dipilih bukan dalam hitungan mingguan saja,” jelas Welly yang kerap menjuarai kontes SQ (Sound Quality) ini.

Nah, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan konsumen ketika memilih head unit bekas.

Komparasi Harga

Lakukan komparasi harga sebuah produk dari satu toko dengan toko audio lain. “Konsumen bisa melakukan komparasi harga di sejumlah iklan di media on-line, hal ini bertujuan agar pecinta audio tidak membayar head unit bekas terlalu tinggi, tentunya komparasi tersebut juga sesuai dengan fitur yang ditawarkan bila merek head unit yang dibandingkan berbeda,” bilang Welly.

Tes Fitur

Jangan sesekali melakukan transaksi membeli head unit bekas tanpa melakukan pengetesan fitur terlebih dahulu. Termasuk di dalamnya adalah cek hasil suara, mulai dari kualitas hasil suara kaset atau kepingan CD, hingga masih berfungsinya koneksi USB dan iPod. “Jangan lupa lakukan pengetesan kualitas mata optik dengan memutar kepingan CD sehingga diketahui kualitas mata optik tersebut,” jelas Welly seraya menyebut sebaiknya pengetesan dilakukan dengan CD asli dan tidak ada baret halus pada bodi CD.

Jaminan Toko

Umumnya head unit bekas yang dijajakan toko sudah tidak memiliki jaminan pabrikan. Namun, di sejumlah gerai audio masih menawarkan kualitas head unit bekas hingga sebulan. Perlunya melakukan penawaran, bukan saja urusan harga head unit, tetapi juga penawaran jaminan agar barang yang akan dibeli mendapat garansi. Jadi, jangan lupa lakukan penawaran harga dan garansi toko.