Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Agar Mesin Diesel Semakin Awet

by bautenam

Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Agar Mesin Diesel Semakin Awet
Meski terkenal bandel, ternyata mesin diesel tidak sepenuhnya bebas masalah, apa saja yang harus diperhatikan agar peminum solar ini semakin awet, simak penjelasannya.

 

Anda punya mobil diesel? Kalau berbicara soal kelebihannya, pasti Anda sudah tahu karena sudah merasakannya. Konsumsi BBM yang irit, perawatan murah dan mudah, sparepart mudah didapat, sampai harga jual kembali yang masih oke jadi kelebihan mobil diesel. Namun apakah Anda tahu gejala kerusakan dari mesin diesel?

Mesin diesel memang jarang rusak, tapi kalau sampai terjadi kerusakan biasanya terjadi karena pemilik mobilnya kurang memperhatikan perawatannya. Mungkin karena terlena dengan segala kelebihannya tadi yang ditulis sebelumnya.

"Umumnya mesin diesel itu masalahnya di injector nozzle dan turbo kalau yang sudah dilengkapi turbo," ujar Mohammad Sobirin dari Surya Mas Diesel, bengkel spesialis diesel di kawasan Kemanggisan, Jakbar.

"Kalau injector nozzle gejalanya seperti mesin susah hidup, hilang tenaga atau ngempos, konsumsi solar boros, mesin pincang, asap tebal, dan mesin hunting," ujar Muh, sapaan akrabnya.

Sementara kalau gejala turbo rusak, "Mulai dari asap tebal dari knalpot, lalu ada kebocoran oli. Biasanya kerusakan turbo itu terjadi karena bilah turbinnya ada yang patah," jelas Muh lagi. Meski bisa diperbaiki, tapi cukup merepotkan dan pastinya makan biaya tuh!

Nah, sekarang sudah tahu kan gejala kerusakan mesin diesel? Jadi jangan sampai lupa perawatan berkalanya ya!