Begini Cara Kencangkan Dan Longgarkan Baut Roda Mobil

by Suryo Sudjatmiko

Begini Cara Kencangkan Dan Longgarkan Baut Roda Mobil
Bukan asal longgar atau kencangkan, ada caranya lho..!

Baut roda merupakan peranti mengikat pelek pada perangkat kaki-kaki mobil. Sehingga baut roda tidak boleh longgar. Namun bukan berarti bisa asal-asalan dilakukan. Ada petunjuk pelaksanaan yang harus diikuti supaya perangkat ini berfungsi dengan baik dan aman.

“Untuk mengendorkan baut, diperbolehkan dibantu dengan cara menginjak kunci roda namun tidak demikian untuk mengencangkan bautnya,” terang Ari Hartono dari Artoteko Ban dan Pelek yang bika praktek di bilangan Radin Inten, Jakarta Timur.

 “Mengendurkan baut dengan cara diinjak masih relatif aman dilakukan karena mengendurkan mur tidak menjadikan stres pada material logam bautnya,” terang pria berdarah Jawa ini. “Kondisinya karena ia merilis tekanan pada mur dan baut tersebut,” sahut Unggul Prakoso, pebengkel yang buka praktek di bilangan Pondok Gede ini.

Namun sebaliknnya, baut roda tidak diperbolehkan menggunakan kaki. “Hal ini dikarenakan tenaga yang dikeluarkan jadi tidak terkontrol. Jika melebihi batas kemampuan dari baut dan mur itu akan mengakibatkan kerusakan pada peranti tersebut. Permasalah yang muncul baut akan rusak atau dol,” tambahnya.

Cara yang disarankan untuk mengencangkan baut yakni dengan dikencangkan dengan kekuatan tangan saja dan bisa ditambahkan tenaga dengan menumpukan berat badan.