GIIAS 2017: Jangan Gegabah Memilih Mobil, Perhatikan Hal Berikut

by Yulian Lahardi

GIIAS 2017: Jangan Gegabah Memilih Mobil, Perhatikan Hal Berikut
Perhatikan hal-hal berikut ini ketika akan bertransaksi membeli mobil baru di GIIAS 2017.

 

Jangan lupa kunjungi perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show  (GIIAS) 2017 yang akan berlangsung di ICE, BSD, Tangerang(10-20/8).

Bagi Anda yang hanya sekadar melihat-lihat, tentunya tidak akan membuat mata lelah. Pun begitu dengan yang memang berniat untuk membeli kendaraan baru, pastinya perlu persiapan matang.

Pasalnya, dalam memilih kendaraan baru, jangan sampai gegabah lantaran sekadar ‘cinta di pandangan pertama’ saja, tetapi juga ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Yulian

“Ada banyak parameter yang harus diperhatikan ketika membeli mobil baru, apalagi di GIIAS banyak pilihan dengan ragam penawaran pembelian yang bisa membuat calon pembeli bingung dan kerap mengabaikan rencana awal,” jelas Apong Arfiansyah, praktisi marketing dari PT. Ahza Global Strategis, perusahaan jasa konsultan marketing & IT di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Mantan Deputy GM PT Tata Motors Indonesia ini pun memberikan sejumlah masukan.

Yulian

“Dari awal harus tahu kebutuhan mobil tersebut buat apa, seperti buat niaga, niaga berpenumpang atau murni penumpang, dan butuh jumlah berapa penumpang,” jelas Apong.

Masih menurutnya, dengan begitu, calon pembeli akan mengetahui jenis kendaraan yang akan dipilih, mulai dari city car, minibus, sedan, atau kendaraan keluarga.

“Sehingga ketika sampai di acara GIIAS, bisa fokus terhadap pilihannya,” terang pria yang juga mantan Marketing Manager PT. Bajaj Auto Indonesia ini.

Nah, setelah menimbang aspek jenis kendaraan, selanjutnya, calon pembeli bisa menakar kemampuan dari segi finansial atau cicilan.

“Jangan lupa meminta hitungan dari para sales untuk tenor satu hingga lima tahun, bahkan delapan tahun masa pinjaman,” ungkap Apong.

Katanya lagi, hal ini menjadi sangat penting lantaran jangan sampai customer masuk dalam kelompok kredit macet atau bermasalah di kemudian hari.

Yulian

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan komparasi fitur kenyamanan dan keselamatan untuk mobil yang sejenis dan harganya mirip-mirip.

“Umumnya kendaraan yang mereknya berasal dari luar Jepang, seperti Korea, dan Tiongkok akan mendapatkan fitur yang lebih berlimpah, tapi jangan lupakan kekuatan merek dan layanan purnajual, karena hal tersebut akan berpengaruh pada kelangsungan kendaraan tersebut,” tutup Apong seraya menambahkan bandingkan pula program penjualan yang ditawarkan antara di GIIAS dengan dealer-dealer di luar acara GIIAS.

Yulian