Honda Civic Estilo SR3: B18C Inside!

by Aditya Widiutomo

Honda Civic Estilo SR3: B18C Inside!
Pemuda yang giat menekuni otomotif ini memodifikasi tunggangan hariannya yaitu Honda Estilo agar mendapatkan performa yang maksimal

Jika pada sebelumnya kami membahas mobil SUV dan mobil yang mampu menerabas segala medan alias mobil offroad,  tampaknya tak lengkap jika kami tidak membahas tentang mobil sedan Hatchback.

Ya, Honda adalah salah satu brand mobil asal Jepang yang banyak melahirkan mobil dengan kemampuannya berakselerasi  serta memiliki handling yang baik. Salah satunya Honda menciptakan varian Civic yang cukup terkenal di kalangan penggemar mobil di seluruh dunia.

Kornelius Alvin, atau yang lebih dikenal dengan Alvin adalah penggiat otomotif yang sangat antusias dengan kendaraannya, yaitu Honda Civic Estilo SR3 keluaran tahun 1993.

Meski baru berusia kurang dari 1 tahun di tangan Alvin, modifikasi yang dilakukan tidak tanggung-tanggung,. Dari mulai engine swap,  hingga kaki-kaki ia lakukan demi meningkatkan performa mobil kesayangannya ini.

“Gua tertarik untuk engine swap mobil ini karena menurut gua mobil ini (Civic Estilo) potensinya besar. Dimensinya yang pas, modelnya yang tidak ketinggalan zaman dan dibawanya enak membulatkan niat gua untuk ngebangun mobil ini secara menyeluruh,” papar Alvin selaku owner Civic Estilo tersebut.

B18C Type R bawaan Honda Integra DC2

Mesin asli bawaan mobil ini yaitu mesin 1.600 cc 4 silinder SOHC dengan kode D16 diganti bawaan Honda Integra DC2, yaitu B18C yang memiliki kapasitas 1.800 cc DOHC V-TEC bertenaga 200 dk!

“B18C adalah mesin seri B yang menurut gua paling kuat durabilitynya dan paling worth untuk dimasukin ke Civic Estilo. Oh iya, pengerjaannya gua kerjain di bengkel gua sendiri yaitu DAS Performance. Pengerjaannya cuma 5 hari karena semuanya plug&play,” imbuh pemuda kelahiran tahun 1999 ini.

Tak hanya mesin yang berasal dari Honda Integra, strutbar dan speedometer juga turut menggunakan OEM bawaan Honda Integra mengingat Alvin memboyong sebuah halfcut demi mendapatkan mesin impiannya tersebut.

Selain itu, pada kaki-kaki, pria yang sedang menganyam pendidikan di perguruan tinggi tersebut mengganti suspensi standar dengan suspensi Coilover keluaran ISC tipe Street.

Demi mempercantik tampilan, pelek pun menjadi sasaran berikutnya. Advan RG Made in Japan berdiameter 15 inci dipercaya Alvin untuk mempermanis tampilan mobil.

Carmoto

“Mobil ini masih pakai ECU standar bawaan Integra. Kedepannya sih kemungkinan gua mau upgrade ECU pakai Hondata. Biar tuningannya lebih pas dan bisa meningkatkan performa lagi! Hehehe,” tutup pria yang bermukim di bilangan Tangerang Selatan tersebut.

Data Spesifikasi:

B18C type r '98, Injector SARD 380cc, Walbro Fuelpump 255, TODA Oil Pump, ISC Coilover Type Street, Advan RG Made in Japan R15x6,5 et35, Ban GT Radial SX2 195/55R15, Pivot Speed Limiter V, Open Filter K&N, OEM Integra DC2 Strutbar, OEM Integra DC2 Instrument Cluster, Spoon Steering Wheel, Jok Recero Top Fuel

 

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto