Honda HR-V E 2015 : Mantap, Naik Jadi 157 HP untuk Daily Use

by bautenam

Honda HR-V E 2015 : Mantap, Naik Jadi 157 HP untuk Daily Use
Gara-gara punya 'kaki berat' yang inginnya memendamkan pedal gas, mobil sehari-hari juga harus bisa dibuat kencang. Namun, hasratnya tertunda keraguan CVT menahan tenaga gahar.

Pria yang cuma mau dipanggil Yap ini sejak dulu sudah getol ikutan drag race dengan Toyota Soluna miliknya yang sudah bermesin 4AG-E, "Kaki saya ini berat, bawaannya pengin ngegas melulu...hahaha," gelak Yap. Setelah Soluna dijual pun ia beralih ke Toyota Yaris dan dipakai drag race juga.

 

Belakangan karena kesibukan kerja semakin meningkat, hobi drag racenya pun ditinggalkan. Apalagi ia hijrah ke Jakarta dari Jogjakarta yang semakin membuat pria 35 tahun ini jauh dari arena kebut-kebutan itu. "Makanya saya ganti ke Honda HR-V ini, lebih cocok untuk di Jakarta yang macet," tuturnya. 

Dasar 'kaki berat', ternyata ia merasa mesin HR-V ini 'bolot'. "Begitu mobil sampai di rumah, langsung saya bawa ke bengkel Shift di Jogja untuk pasang Dastek Unichip Q+, downpipe J's Racing, dan ganti coilover Tein Z-Flex," tukas Yap. Untuk modifikasi tahap awal ini pria ramah ini awalnya cukup puas dengan hasilnya.

Kemudian untuk velg ganti pakai WedsSport SA10R ukuran 17x7,5 inci dengan ban bawaan HR-V. "Dengan settingan seperti ini lebih enak dipakai harian, lebih stabil untuk manuver," bilang pemukim di Jakpus ini.Selain itu untuk meningkatkan penampilan kap mesin diganti dengan kap karbon dan stoplamp pakai Eagle Eyes model Vezel. 

Tak lama berselang, kaki Yap pun minta 'tambah' asupan lagi, akhirnya mobil dikirim ke bengkel Supernova milik Boy. "Mulai berasa pelan lagi mesinnya...hahaha," gelak Yap. Akhirnya cam pun diganti dengan yang berdurasi 245 derajat buatan Thailand, lalu per klep juga ikut diganti agar putaran atasnya lebih terasa pada saat VTEC aktif. "Filter udara juga pakai K&N agar pasokan udara lebih banyak, dan termostat ganti pakai J's," jelasnya. 

Alhasil pada saat di dyno tercapai angka 157 dk. "Masih bisa dibikin lebih kencang lagi, tapi takut CVT-nya enggak kuat...hehehe," kekeh pria yang berprofesi banker ini. Luar biasa!

Spesifikasi :

Mesin : Dastek Unichip Q+, camshaft 245 derajat, per klep, downpipe J's Racing, filter udara K&N

Suspensi : Coilover Tein Z-Flex

Rem : BBK AP Racing

Velg : WedsSport SA10R ukuran 17x7,5 inci

Eksterior : Stoplamp Eagle Eyes Vezel