Inilah Alasan Mengapa Lampu Mobil Berwarna Merah, Orange dan Putih

by Suryo Sudjatmiko

Inilah Alasan Mengapa Lampu Mobil Berwarna Merah, Orange dan Putih
Panjang gelombang yang bisa diterima oleh mata, merupakan alasan utama penggunaan warna-warna tersebut di lampu belakang.

Lampu pada mobil tak hanya berfungsi sebagai alat penerangan, namun berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lainnya. Seperti ketika akan belok, menggunakan lampu sein, saat mengerm lampu rem akan menyala, begitu juga dengan lampu mundur.

Pada umumnya, lampu belakang terdapat tiga warna. Yakni merah, orange dan putih. Lampu merah dipergunakan sebagai lampu utama belakang, orange sebagai lampu sein dan hazard, sedangkan warna cahaya netral (putih) sebagai lampu mundur.

Warna merah dipergunakan sebagai lampu utama bagian belakang karena memiliki gelombang yang paling panjang. Cahaya merah dapat dilihat dari jarak paling jauh dan memiliki daya tembus paling baik dari semua warna. Karenanya maka puncak bangunan tinggi atau menara dipasangi lampu merah. Tak lain supaya dapat terlihat dengan mudah dari jarak jauh dan dalam berbagai kondisi.

Warna orange memiliki kecepatan rambat lebih cepat dari warna merah dan mampu mengintervensi mata. Perhatikan, jika lampu orange nyala maka sinar lampu merah akan tertutupi sinar orange. Dengan demikian isyarat kendaraan yang akan berbelok lebih mudah ditangkap mata.

Warna putih dipilih sebagai lampu mundur karena memiliki tingkat intensitas cahaya paling tinggi. Dengan demikian mampu menerangi daerah sekitar lebih terang, dibandingkan warna lainnya kendati daya tembusnya tergolong jelek.