Mazda Astina 1990 : Sst.. Ini Restorasi Plus-Plus

by bautenam

Mazda Astina 1990 : Sst.. Ini Restorasi Plus-Plus
Jangan salah artikan judul di atas, karena itu menggambarkan kalau ini adalah restorasi yang tidak biasa. Dimiliki sejak baru, Astina ini direstorasi dengan aksesori pilihan serta bengkel spesial.

 

Kalau Anda besar di era tahun '90-an dan menyukai dunia otomotif, pasti pernah mendengar nama Mazda Astina. Ya, mobil yang tampilannya sangat sporty dengan lampu model pop-up satu-satunya yang dijual resmi oleh APM Mazda ketika itu. Sejak diluncurkan, Astina langsung jadi incaran anak muda saat itu, meski harganya tergolong mahal pada masanya.

Bautenam

Salah satu yang beruntung memiliki Astina sejak baru adalah Wisnu Anggoro. "Bapak saya penggemar berat Mazda, sebelum Astina ini ada 626 Capella. Sekarang selain Astina saya juga punya Mazda MX-6," ujar Wisnu, panggilan akrabnya.

Berhubung sudah dipakai selama 27 tahun, maka sekarang adalah waktunya penyegaran. "Beliau pesan mobil ini jangan diapa-apakan, harus dirawat dengan baik karena ini mobil 'klangenan' beliau," ucap pemukim di Tangerang Selatan ini.

Bautenam

Menyandang status mobil klangenan (kegemaran, bhs Jawa, red), membuat Wisnu harus berhat-hati memilih bengkelnya. "Yang pasti milih bengkel catnya aja 9 bulan, hahaha," gelaknya.

Akhirnya ia bertemu dengan Daned dari bengkel Naufal Creative di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. "Daned punya taste yang bagus untuk restorasi," tutur pria berkaca mata ini.

Oleh Daned mobil ini ganti warna jadi British Racing Green yang merupakan warna Mazda MX-5 diluar negeri. "Aslinya pine green, gantinya hijau juga cuma lebih tua," ujar Daned.

Bautenam

 Sambil menunggu mobil di restorasi, Wisnu berburu parts yang harus diganti. Hasilnya, "Setelah cari kesana kemari, saya dapat list atas kaca depan dan list body yang ada lampu seinnya di Singapura, lalu mika sein bumper depan dan decal di pintu bagasi belakang di Jepang, dan console asthray dapat dari Polandia," ucapnya girang. Luar biasa, belanjanya ke mancanegara!

Bautenam

Kemudian ia memasang velg Hart Zaibach ukuran 17x8+9 inci dengan ban Landsail 195/40R17 depan dan belakang GT Radial 205/45R17. Lalu knalpot Sebring DTM short version dual pipe juga dipasang.

Di interior, karena sayang dengan setir standar yang masih mulus, maka setir Makita dengan tombol klakson Trust jadi pengganti. Senasib dengan shiftknob standar yang digantikan dengan shiftknob Trust. 

Bautenam

Bagaimana hasilnya? "Ayah saya sampai menangis terharu karena senang melihat mobilnya jadi seperti baru lagi!" bangganya.