Seperti Ini Bukti Perselingkuhan Lamborghini Diablo dan Nissan Fairlady 300ZX

by Suryo Sudjatmiko

Seperti Ini Bukti Perselingkuhan Lamborghini Diablo dan Nissan Fairlady 300ZX
Nissan 300ZX memberikan andil untuk membuat penampilan Diablo jadi lebih bersih, modern dan aerodinamis

Tukar menukar body parts antar-merek yang tidak ada hubungan pabrikan mungkin saat ini terdengar aneh. Namun tidak demikian dengan beberapa dekade silam. Bahkan pabrikan mobil seperti Lamborghini pun pernah menyomot bagian dari mobil Jepang yakni Nissan Fairlady

Menjelelang era milenium tepatnya di tahun 1999, Lamborghini Diablo.mengalami penyegaran untuk wajahnya. Jagoan asal asal Sant’Agata Bolognese yang diperkenalkan pada 1990 ini pada awalnya menggunakan lampu depan model pop-up.

Namun seiring dengan perkembangan,  supercar bermesin V12 ini mengalami facelift pada tahun 1999 dan menanggalkan lampu utama pop-upnya. Salah satu alasannya adalah berhubungan dengan faktor aerodinamika. Di mana pada saat lampu pop-up dalam kondisi terbuka akan mengganggu aerodinamika Diablo.

Sayangnya, langkah penyegaran ini bertepatan dengan pengetatan anggaran dari Lamborghini. Konon dana banyak dikonsentrasikan untuk pengembangan Murcielago.

Langkah realistis yang kemudian diambil cukup mengejutkan. Lampu utama milik Nissan Fairlady 300ZX/Z32 pun dicomot untuk lampu utamanya.

Walaupun menggunakan lampu comotan dari mobil lain, namun Lamborghini dinilai berhasil menghadirkan wajah yang lebih segar, aerodinamis, moderen dan nampak lebih clean.