Toyota Corolla Ceres 1994 : Suka Duka Memelihara dan Memodifikasi Spesies Langka

by bautenam

Toyota Corolla Ceres 1994 : Suka Duka Memelihara dan Memodifikasi Spesies Langka
Tak hanya model Corolla seperti ini yang sangat langka di Indonesia, berbagai parts, yang umumnya bisa disubstitusi dari Corolla di sini, tak dijumpai. Seru juga memelihara coupe satu ini.

 

Dulu Yulian Fundra Kurnianto pernah pakai Toyota Great Corolla yang sudah full modifikasi. "Sampai engine swap pakai 4AG-E black top dan full Yakuza bodykit, pas ada yang nawar dan harga cocok akhirnya dijual," ujar Aan, sapaan akrabnya. 

Mobil terjual, namun perlu pengganti yang tentunya bukan 'biasa-biasa saja'. "Saya tahu teman saya Anggi di Medan punya Corolla Ceres ini, saya paksa jual aja padahal dia enggak mau jual, hahaha," gelak pria berkaca mata ini.

Tentu setelah dirayu dan sang teman pun tahu mobil ini akan jatuh ke tangan yang tepat, Anggi pun mengiyakan tanda setuju dan mobil segera dikirim ke Jakarta. 

 

Tak lama proses modifikasi dimulai. Pertama langsung ganti pelek pakai TRD T3 ukuran 16x7 inci dengan ban Hifly 185/50R16. Kemudian suspensi ganti coilover Tein Flex agar lebih ceper dan stabil. 

 

Berikutnya parts TRD mulai dari strut bar, setir, shiftknob, dan jok langsung dipasang. "Jok cuma sebelah kanan aja, ngikutin di Jepangnya memang seperti itu," tukas pria 30 tahun ini. Di interior juga ditambahkan burgertray di dasbor dan cleanbox yang merupakan aksesori OEM Corolla Ceres.

Apa saja aksesori yang paling sulit didapat? "Burgertray dan cleanbox termasuk yang susah, karena beda dengan Greco. Selain itu talang air asli Ceres juga susah banget carinya," serunya. Untunglah upaya Aan membuahkan hasil meski kondisi barangnya tidak 100% mulus, "Dapat di Malaysia, hehehe," kekehnya.

 

O ya, stoplamp belakang diganti dengan kepunyaan Corolla Sprinter Marino yang masih keluarga Ceres ini. Selain itu add-on lips Corolla BZ-G AE111 sudah terpasang rapi, sementara sideskirt dan spoiler bagasi pakai punya Corolla BZ-R AE111 juga. "AE111 itu adalah Corolla Levin Coupe, langka juga tuh!" serunya. 

Untuk mesin, pemukim di Kalibata ini beruntung mendapatkan mesinnya sudah diswap dengan 4A-GE, black top. "Untungnya lagi suratnya sudah benar pakai black top, jadi aman...hehehe," kekeh pegawai swasta ini. Ia cuma mengganti knalpot dengan knalpot Apex'i khusus Corolla. Wuihhh...

Spesifikasi :

Velg : TRD T3 16x7 inci, ban Hifly 185/50R16

Suspensi : Coilover Tein Flex

Strutbar: TRD AE101

Mesin : 4A-GE (Blacktop)

Interior : Setir, shiftknob, dan jok bucket TRD, cleanbox OEM AE101 Ceres, burger tray OEM AE101

Eksterior : Stoplamp Toyota Corolla Sprinter Marino, add-on lips Corolla BZ-G AE111, sideskirt dan rear spoiler Corolla BZ-R AE111