Toyota Fortuner VNT Bertenaga 290 dk Dipakai Harian

by Aditya Widiutomo

Toyota Fortuner VNT Bertenaga 290 dk Dipakai Harian
Mobil SUV 7 Seater milik pemuda bongsor ini disulap hingga menjadi mobil yang sangat bertenaga.

Bertenaga dan irit bahan bakar, nampaknya 2 hal yang berlawanan. Namun siapa sangka, Toyota Fortuner milik Arief Ramadhan atau yang lebih akrab disapa Rama memiliki 2 hal yang disebutkan tadi.

Pria kelahiran tahun 1997 ini menyulap Toyota Fortuner VNT Diesel keluaran tahun 2014 ini menjadi sangat bertenaga serta torsi yang melimpah. Dan jangan salah. Konsumsi bahan bakarnya irit!

Untuk segi performa, Rama mempercayakan bengkel ternama di bilangan Pancoran Jakarta yaitu Sigma Speed untuk memasang serta tuning peranti piggyback Dastek Unichip Q4 sebagai pelonjak tenaga. Ditambah dengan perangkat pendukung seperti SCV Valve, EGR Delete Ecushop, KNN Filter Replacement, Full System Performance Series 507 Exhaust dan Transgo HD2 Reprogramming Kit, mobil yang terbilang cukup bongsor ini mampu menembus tenaga 290 dk serta torsi 690 Nm!

“Sebenarnya Dastek sudah bisa naikin tenaga. Cuman karena perangkat lainnya bisa dibilang ngga terlalu mahal dan juga menambah performa cukup lumayan, ya ngga ada salahnya dipasang kan. Oh iya, konsumsi bahan bakarnya 1 liter banding 10 km,” papar pemuda yang bermukim di Tangerang Selatan tersebut.

Selain pendongkrak performa, bagian lain juga tidak luput dari sentuhan tangan pemuda berbadan bongsor ini. Ia mempercayakan produk swaybar  Ultra Racing asal Malaysia agar Fortunernya kian stabil.

Selain itu, untuk mempercantik penampilan, mahasiswa semester 4 ini mengaplikasikan pelek replika Thailand Enkei RPF 1 ring 18 berbalut dengan ban Dunlop Grantrek.

“Sebenernya agak ngeri sih bawa mobil ini. Dengan tenaga sebesar sekarang, harusnya udah pake BBK (Big Brake Kit). Cuman karena mahal, jangan ugal-ugalan di jalan soalnya remnya tidak mumpuni lagi,” pungkas Rama.

Untuk ke depannya, Rama bakal upgrade rem dulu. Selain itu, akan ganti camshaft dan nozzle supaya makin ngacir ,” tutup pemuda yang juga merupakan salah satu pemilik butik di kawasan Kemang ini.

Spesifikasi:

Dastek unichip Q4, SCV Control, Egr Delete Ecushop, Full System Performance Exhaust by 507 Surabaya, Transgo HD2 Reprogramming kit, KNN Filter Replacement, Derale ATF Cooler + Fan, Ultra Racing Swaybar, Enkei RPF 1 Thailand, Turbo Timer HKS, TRD Shift Knob Carbon

Instagram: @Arieframadhann

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto

Carmoto