Toyota Great Corolla 1.6 SEG 1994 : Hasil Campuran Antara Indonesia, Jepang, dan Eropa

by bautenam

Toyota Great Corolla 1.6 SEG 1994 : Hasil Campuran Antara Indonesia, Jepang, dan Eropa
Niatnya memang ingin tampil seperti Corolla FX, meski hanya bumper saja dari varian hatchback dari AE101 tersebut. Meski begitu upaya mendandani Corolla ini boleh diacungi jempol.

Toyota Great Corolla sampai saat ini masih jadi sedan '90-an terlaris yang masih banyak dijadikan obyek modifikasi. Berbagai gaya dan aksesori bisa diaplikasikan di mobil ini dan hasilnya bisa membuat mata enggan berkedip.

Salah satunya adalah Greco (Sebutan untuk Great Corolla) milik Dirwi Lindo Bakri yang baru selesai dimodifikasi olehnya, cat yang mengilap berpadu dengan parts dan aksesori yang tepat membuat mata kami susah berkedip. 

Perjuangan pria 37 tahun ini dalam membangun dan memodifikasi mobil kesayangannya ini tidak main-main, apalagi ia punya spek khusus untuk Greconya. 

"Saya pengin Greco ini tampil seperti Greco FX hatchback yang ada di Eropa, tapi peleknya pakai buatan Jepang, hahaha," gelak Lindo, sapaan akrabnya. Ia pun memulainya dengan melakukan re-paint dengan warna khusus, hijau metalik dengan efek bronze dari Spies Hecker.

Sekalian saja ia mengganti bumper depan pakai Greco FX, sideskirt dan add-on belakang pakai Greco GT dan spoiler Levin. "Karena bumper belakang Greco FX beda ukuran, jadi pakai bumper Greco Eropa yang pelat nomornya di garnish lampu belakang," ulasnya.

 

Kemudian ia mengganti spion dengan milik Greco BZ Touring yang lebih 'kotak' dan electric retractable, sekaligus mengganti seluruh kaca dengan tipe chromax coco yang terbilang langka. "Kacanya kalau bening biasnya kecoklatan, kalau versi lokal biasnya ya bening aja," ucap pria asal Padang ini. O ya, atap juga dilubangi untuk pasang sunroof Toyota Wish.

Sedangkan di sektor mesin hanya dilakukan port polishing saja, "Cuma ganti kabel busi NGK dan knalpot TRD khusus AE101 saja," tutur Lindo.

Lanjut ke bagian kaki-kaki, pelek Volk Rays TE37 bronze orisinal buatan Jepang ukuran16x7 inci dan ban Falken Sincera 195/50R16 langsung jadi pilihan anggota komunitas Great Corolla Club ini. "Saya senang model TE37 ini, abadi!" serunya. Lalu untuk suspensi pakai per TRD dan sokbreker Kayaba Excel-G.  Agar pengereman lebih pakem, rem teromol belakang diganti dengan discbrake belakang AE111 GT. Top!

 

Terakhir di interior ia memasang jok elektrik punya Toyota Camry sekaligus melapisnya dengan bahan kulit warna hitam sampai ke jok belakang. "Di interior yang paling sulit cari setir dan shiftknob TRD ini, sudah jarang banget soalnya yang jual," keluhnya. Untung masih bisa dapat ya!

Spesifikasi :

Re-paint hijau metalik custom Spies Hecker

Bumper depan Greco FX, sideskirt dan add-on belakang Greco GT, spoiler Levin, stoplamp Ichikoh dan garnis Euro, spion Greco BZ Touring, kaca chromax coco, knalpot TRD

Mesin port polishing, kabel busi NGK, pelek Volk Rays TE37 bronze 16x7 inci dan ban Falken Sincera 195/50R16, per TRD, sokbreker Kayaba Excel-G, discbrake belakang AE111 GT, sunroof Toyota Wish dan plafon dalam Mercy C-Class W202, jok depan Toyota Camry elektrik, jok belakang tambah arm rest dan cup holder Innova.