VIDEO: Mercedes-Benz Mulai Gusur Kunci Konvensional, Gantinya Adalah Ponsel

by Danu P Dirgantoro

VIDEO: Mercedes-Benz Mulai Gusur Kunci Konvensional, Gantinya Adalah Ponsel
Mercedes-Benz kini mulai menggunakan ponsel sebagai kunci mobil. Dengan ponsel Anda bisa masuk mobil dan mengoperasikannya. Seperti diemonstrasikan pada video ini.

Mercedes-Benz akan mulai meninggalkan kunci pintar dan menggunakan ponsel pribadi sebagai gantinya. Kini pengemudi mobil Mercy dapat dimudahkan membuka, menutup dan menyalakan mesin dengan ponselnya.

Peran kunci mobil biasa yang terganti oleh ponsel ini diperkenalkan oleh pabrikan asal Jerman tersebut bersamaan dengan peluncuran tipe E-Class terbaru. Dilansir dari Paultan, Pemilik E-Class terbaru yang tidak mau repot membawa kunci mobil dapat memakai aplikasi khusus pada smartphone mereka sebagai penggantinya. 

Aplikasi bernama Mercedes Me ini bisa digunakan untuk membuka dan mengunci pintu, serta menyalakan mesin mobil. Berbeda dengan mobil-mobil lain, fitur nirkabel Mercedes-Benz hanya bisa berfungsi saat smartphone berada di dekat mobil. Untuk membuka atau mengunci pintu, pemilik cukup menempelkan smartphone mereka ke pegangan pintu.

Sementara bila ingin menyalakan mesin, ponsel pintar harus diletakkan di tempat khusus yang telah disediakan. Tempat ini juga berfungsi sebagai pengisian baterai, tentunya secara nirkabel juga.

Cara kerja aplikasi adalah dengan memakai teknologi near field communication atau NFC. Sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan pada smartphone berbasis Android saja. Meski sebenarnya iPhone sudah dibekali dengan NFC, namun kemampuannya dibatasi untuk yang berbayar saja.

Terpenting, bila Anda nanti memiliki mobil berteknologi ini, pastikan ponsel tak kecopetan. Jika sampai hilang, sang pencopet akan sangat kegirangan mendapat Mercedes-Benz sebagai bonusnya.