Joko Widodo Kendarai Kawasaki KLX 150BF SE Untuk Tinjau Proyek Trans Papua

by Danu P Dirgantoro

Joko Widodo Kendarai Kawasaki KLX 150BF SE Untuk Tinjau Proyek Trans Papua
Presiden Joko Widodo mengendarai sebuah Kawasaki KLX 150BF SE dengan plat nomor RI 1 dalam kunjungan dinasnya di Wamena, Papua.

Presiden Joko Widodo mengendarai Kawasaki KLX 150BF SE dalam kunjungan dinasnya di Wamena, Papua (10/5). Motor trail tersebut terlihat dalam kondisi standar dan menggunakan pelat nomor RI 1. 

Bukan cuma Presiden Jokowi, para rombongan pejabat daerah dan petinggi TNI juga tampak mengendarai trail 150 cc itu. KLX warna hitam tersebut digunakan untuk meninjau pembangunan jalan Trans Papua di Wamena. 

Istimewa

Medan di pegunungan Trikora tersebut memang terbilang ekstrim, maka sebenarnya pilihan KLX untuk tugas ini cukup tepat. Dalam kondisi standar pabrik, trail yang juga kerap disebut KLX Bigfoot ini sudah dilengkapi sok depan up side down. Mesinnya memiliki daya 12 ps di putaran 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm. 

Jokowi juga terlihat memakai helm half face merek NHK yang ditempel action-cam di bagian atas. Sebagai perangkat pelindung, ia juga pakai sarung tangan half-finger dan protektor lutut.

Istimewa

Melalui siaran pers, Setkab RI menyebut medan di lokasi proyek tersebut berat sekali, sehingga jalan-jalan yang ada sekarang ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan TNI.

Diketahui, presiden beserta rombongan bermotor ini riding sejauh 7 kilometer dengan ketinggian 3.300 Mdpl. Kondisi cuaca yang mendung mengiringi perjalanan Jokowi pakai trail Kawasaki itu.

Jalan tersebut sebagian sudah diaspal namun sebagian lagi belum. Namun yang paling penting, ujar presiden, jalan tersebut dibuka dulu. “Aspalnya mengikuti, yang paling penting dibuka dahulu. Kalau engga punya keberanian seperti itu, engga akan selesai,” tegas Jokowi. Presiden Jokowi menargetkan infrastruktur jalan tersebut dibuka pada 2018.