Suzuki: Mengalami Peningkatan Penjualan, Model Apa Yang Menyumbang Paling Banyak?

by Yulian Lahardi

Suzuki: Mengalami Peningkatan Penjualan, Model Apa Yang Menyumbang Paling Banyak?
Secara mengejutkan di tengah kondisi pasar yang lesu, Suzuki justru alami peningkatan penjualan. Lalu model apa yang paling banyak menyumbang penjualan?

 

Di tengah persaingan yang ketat antar-merek, PT Suzuki Indomobil Sukses (ISI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki roda dua di Tanah Air justru memetik angka penjualan yang lebih baik dari bulan sebelumnya.

Seperti data yang diperoleh Carmoto.id langsung dari ISI menyebutkan, bahwa penjualan di bulan Juli tertera secara total nasional adalah 7.352 unit. Padahal, bila melihat data penjualan di bulan Juni, hanya 6.270 unit.

Prestasi tersebut ditopang oleh model-model yang memang sedang digemari pasar. Sumbangan terbesar berasal dari genre sport, yaitu Suzuki GSX-R150 sebesar 3.662 unit. Penjualan motor berkapasitas mesin 150 cc itu diikuti oleh All New Satria F150 dengan permintaan pasar sebesar 1.217 unit.

Berikutnya diperingkat ketiga jatuh pada model yang alami refreshment di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD, Tangerang (11/8), yaitu Suzuki Address sebesar 696 unit terjual. Sementara itu model DR200S sebesar 621 unit menjadi penyumbang nomor empat bila melihat data resmi AISI.

Sementara itu Suzuki Nex FI dan GSX-S150 yang bergenre naked bike berhasil menorah angka 466 dan 395 unit. Tidak ketinggalan, Smash FI juga turut menyumbang angka penjualan sebesar 293 unit dan diikuti posisi paling buncit, yaitu motor elit khusus kalangan ‘The have’, yaitu GSX1300R (Hayabusa) sebesar 2 unit.

Memang diakui oleh Morikawa Daigo selaku Sales & Marketing 2W Assistant to Departement Head SIS, meskipun Suzuki GSX R150 baru saja diluncurkan di Tanah Air 6 bulan lalu, tapi berhasil sebagai penyumbang terbesar. “Bahkan saat ini posisi di pasar masih inden,” jelasnya.