Begini Rasanya Nonton F1 Dengan Tiket Paling Mahal

by Fitra Eri

Begini Rasanya Nonton F1 Dengan Tiket Paling Mahal
Kami berkesempatan menonton sebuah seri F1 dengan tiket termahal di paddock club. Apa saja pengalaman yang didapatkan di sana?

Menonton F1 terkenal tidak murah. Untuk tiket termurahnya saja, di beberapa negara bisa mencapai Rp 1 juta lebih per orang. Wajar, karena F1 memang merupakan ajang balap paling bergengsi seantero bumi. Nah, kami beruntung diundang mencicipi rasanya nonton F1 tiket kelas termahal beberapa waktu lalu.

Kami bertandang ke F1 Singapura September lalu atas undangan Johnnie Walker yang kebetulan merupakan sponsor 2 tim yakni McLaren Honda serta Sahara Force India. Tiket yang kami dapatkan adalah Paddock Club yang merupakan kelas tertinggi yang bisa didapatkan orang awam.

F1 Paddock Club

Harga tiket ini tidak main-main. Untuk F1 Singapura dengan menjadi tamu di paddock club McLaren membutuhkan dana USD 7.600 atau sekitar Rp 100 juta. Itu belum termasuk penginapan dan transportasi.

Kebetulan kami mendapatkan versi yang paling lengkap dengan hotel bintang lima serta transportasi. Semua paket itu nilainya mendekati Rp 200 juta.

Anda pasti penasaran apa saja yang didapatkan dengan tiket semahal itu? Berikut daftarnya.

 

F1 Paddock Club

 

1. Menonton di Tempat Terbaik

Bukan di grand stand atau tribun, melainkan di hospitality room persis di atas pit. Alhasil Anda bisa menyaksikan mobil melaju di lintasan lurus utama serta pitlane di mana mobil melakukan pitstop. Semua terjadi persis di bawah Anda. Pintu masuknya juga berbeda dibanding penonton biasa. Anda juga sudah memiliki tempat duduk dan meja sendiri sehingga tak usah khawatir harus berdiri terus.

 

F1 Paddock Club

 

2. Makanan dan Minuman Free Flow

Di dalam ruang menonton, tersedia makanan dan minuman kelas bintang lima yang sangat berlimpah. Bahkan kepiting alaska yang terkenal sangat mahal juga disajikan di situ. Semuanya boleh Anda konsumsi sepuasnya. 

 

F1 Paddock Club

 

3. Pit Walkabout

Sekali di hari Sabtu dan sekali di hari Minggu, Anda akan diberikan kesempatan berjalan-jalan di pitlane melihat persiapan para tim. Bahkan, karena kami berada di paddock club McLaren Honda, kami diizinkan untuk masuk hingga ke halaman pit tim tersebut. Luar biasa rasanya bisa menyentuh langsung mobil F1 yang siap digunakan untuk balap. Pit Walkabout ini berlangsung 1-1,5 jam setiap sesinya.

 

F1 Paddock Club

 

4. Inside The Pit Experience

Ini yang sangat istimewa. Di hari Sabtu selama kurang lebih 15 menit kami diizinkan masuk ke dalam pit tim McLaren. Di sana ada sebuah rumah kaca yang terletak persis di tengah-tengah pit. Bukan itu saja, kami juga diberi sebuah headphone yang bisa memperdengarkan komunikasi antara pembalap dan tim. Selain itu ada layar yang menunjukkan beragam informasi tentang balap, mirip dengan yang dimiliki para engineer. Berdiri di sana membuat kami serasa menjadi salah satu pit crew.

 

F1 Paddock Club

 

5. Kedatangan Pembalap F1

Pemegang tiket paddock club dianggap tamu istimewa oleh tim. Maka dari itu kadang pembalap atau bos tim pergi ke atas menemui kami di ruangan hospitality, lantas berbicara di depan. Contohnya Fernando Alonso, yang langsung naik menjelaskan apa yang terjadi pada sesi kualifikasi yang baru saja berlangsung. Lantas di hari Minggu giliran Zak Brown, Executive Director McLaren Honda, yang mendatangi kami.

 

F1 Paddock Club

 

6. Simulator F1

Di dalam ruangan ada simulator F1 dengan kokpit yang mirip tunggangan aslinya. Di sini tamu paddock club boleh menjajal sepuasnya, bahkan pemegang waktu terbaik diberikan hadiah.

 

F1 Paddock Club

 

7. Merchandise Eksklusif

Tak perlu membeli, kami diberikan beragam merchandise resmi tim yang langsung diserahkan secara gratis.

 

F1 Paddock Club

 

8. Akses ke Tribun dan Party

Kalau bosan berada di ruangan, Anda boleh berpindah ke mana saja untuk menonton. Disediakan grand stand khusus di area paddock club, tapi kalau mau boleh saja ke tribun penonton normal. Selain itu, Anda juga memiliki akses untuk konser musik atau after race party.

 

F1 Paddock Club

 

9. Bertemu Juara Dunia F1

Di hari Minggu sebelum balap, kami juga diajak makan siang bersama Mika Hakkinen, mantan pembalap McLaren yang menjadi juara dunia 2 kali di 1998-1999. Kebetulan Mika Hakkinen juga ditunjuk oleh Johnnie Walker sebagai duta keselamatan berkendara dengan motto 'Never Drink and Drive'. Dalam sesi makan siang itu seluruh peserta diizinkan berbicara dan berfoto bersama legenda F1 tersebut.

 

F1 Paddock Club

 

10. Antar-Jemput Naik Alphard

Tidak perlu lagi pusing tentang transportasi, karena selalu ada Toyota Alphard lengkap dengan supirnya yang siap mengantar-jemput kita. Supirnya sendiri bukan dari negara setempat, melainkan khusus untuk melayani tamu spesial dan berpindah-pindah mengikuti sirkus F1.

 

Jadi bagaimana, Anda tertarik? Jika Anda adalah seorang maniak F1 dan kebetulan memiliki dana cukup, maka tiket Paddock Club ini wajib Anda rasakan. Karena di sinilah Anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar eksklusif.