Monster Truck : Seperti Ini Gambaran Teknis El Toro Loco

by Suryo Sudjatmiko

 Monster Truck : Seperti Ini Gambaran Teknis El Toro Loco
Ukuran ban 66 inci, bermesin V8 dan mampu muntahkan daya hingga 1.622 PS

Kehadiran Monster Truck El Toro Loco di Indonesia segera membetot perhatian publik tanah air. Bintang pertunjukan Monster Jam ini berbentuk pikap yang menonjol dengan bentuk muka banteng lengkap dengan tanduknya.

Lalu seperti apakah sebenarnya sosok El Toro Loco?

“El Toro Loco pada dasarnya merupakan mobil yang sepenuhnya dibuat secara custom. Mulai dari sasis, gardan, tranfercase, transmisi dan mesin semuanya bukan merupakan produk masal,” terang Dan Evans sebagai mekanik sekaligus builder bintang pertunjukan free style ini.

“Mesin yang dipergunakan pada mobil yang ada dihadapan kami ini adalah big block V8 Chevrolet 540 Cu.in (8.300 cc) injection supercharger dengan output sebesar 1.015 PS dan mobil ini sebatas mobil eksibisi saja lho,” lanjut Dan. “Sedangkan untuk versi kompetisinya terdapat pilihan mesin lain yang lebih besar yang mampu menelorkan daya hingga 1.622 PS,” imbuhnya. Untuk menyalurkan daya sebesar ini, digunakan transmisi matik 2 percepatan, transfercase custom dan juga gardan custom yang mampu dipasangi ban dengan ukuran 66 inci.

Dan mengatakan bahwa El Toro Loco versi eksibisi seperti yang dikirim di Indonesia ini terpaksa di ‘down spec’ supaya bisa meminum bensin biasa. Karena jika menggunakan methanol maka tidak praktis dan beresiko korosi lantaran sifat methanol yang korosif dan tentunya tidak praktis untuk mobilisasinya. Lalu berapakah konsumsi bahan bakar versi spec down tersebut,? Dan menyebutkan bahwa mesin 'Banteng gila' ini mampu menenggak bensin sebanyak 15 liter tiap menitnya.

Sementara untuk bodinya, menggunakan bodi fiber dengan ciri bentuk muka banteng yang sedang marah. Namun demikian pada bagian belakang masih nampak bentuk bak yang diambil dari disain Chevrolet Silverado di era awal tahun 2.000-an

Bule ramah ini mengatakan bahwa El Loco Toro merupakan bagian dari industri motortainment di Amerika Serikat yang semakin tumbuh. Tak hanya itu, Monster Jam memiliki jadwal kompetisi di luar AS yakni di Australia, Jepang, China, Inggris dan beberapa negara lainnya.

Dan Evans, Tokoh di balik El Toro Loco
carmoto
Daftar produk yang dipergunakan oleh El Toro Loco
carmoto
Gardan Custom dan 4 steering wheel 
carmoto
Suspensi custom yang mampu menahan bobot truk dalam aksi ekstrem 
carmoto
Mesin V8 superchargered dengan muntahan daya 1.015 PS
carmoto
Tampilan bak belakang menggunakan desain bak Chevrolet Silverado 
carmoto