Siap Balap, Honda NSX GT3 Tampil di Jakarta

by Danu P Dirgantoro

Siap Balap, Honda NSX GT3 Tampil di Jakarta
Supercar ini siap turun di kejuaraan Detroit Grand Prix, GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class dan Pirelli World Challenge. 

Honda NSX GT3 yang tengah ditampilkan di JiExpo Kemayoran, Jakarta cukup menyita perhatian. Bukan saja karena wujudnya yang sangat menawan, tapi performa mesinnya yang diklaim fantastis. 

Terang saja, supercar ini memang dibangun untuk mengikuti berbagai balapan bergengsi dunia seperti Detroit Grand Prix, GT Blancpain, Nurburgring 24 Hour Race, Super GT FR300 Class dan Pirelli World Challenge. 

Setelah mendapat sertifikasi dari penyelenggara balap dunia Federation Internationale de I’Automobile (FIA), Honda NSX GT3 mulai memasuki kompetisi balap GT3 di Amerika Utara dengan mengusung mesin 3.5L Twin-Turbocharged V6 yang dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan dari FIA. 

 

Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi XTRAC semi otomatis 6 percepatan yang mengirimkan daya ke penggerak roda belakang. Mesin balap NSX GT3 juga menggunakan spesifikasi yang sama dengan NSX meliputi block, heads, valve train, crankshaft, piston dan dry-sump lubrication system.

NSX GT3 didesain oleh Honda R&D Jepang yang berkolaborasi dengan JAS Motorsport dari Milan, Italia, serta melibatkan Honda Performance Development (HPD). Proses riset dan pengembangan dalam menciptakan mobil balap ini dilakukan hingga akhir 2015 dengan melakukan pengetesan hingga menempuh jarak 85 ribu km. Perancangannya dilakukan di Jepang dan Eropa, kemudian dirakit di Italia untuk kemudian diuji dalam lintasan balap di Santa Clarita, California.

PT HPM