Nissan Ambil Alih 34% Saham Mitsubishi

by RR21, Danu

Nissan Ambil Alih 34% Saham Mitsubishi
Aliansi strategis ini sekaligus akan memperpanjang kemitraan yang ada antara Nissan dan MMC. Di mana kedua perusahaan telah bersama-sama berkolaborasi selama lima tahun terakhir.

Nissan Motor Co, Ltd, (Nissan) dan Mitsubishi Motors Corporation, (MMC) mengumumkan mereka telah menandatangani perjanjian hari ini untuk membentuk aliansi strategis. Dalam sebuah konferensi pers gabungan yang berlangsung di Yokohama 12 Mei 2016 pukul 16.00 waktu Jepang (14.00 WIB), NMC akan mengambil saham ekuitas sebanyak 34 % di MMC dengan nilai investasi sebesar 237 milyar yen (US$ 2.2 milyar) yang sekaligus menempatkan NMC sebagai pemegang saham terbesar MMC. Hal ini sekaligus memperpanjang kemitraan yang ada antara Nissan dan MMC. Di mana kedua perusahaan telah bersama-sama berkolaborasi selama lima tahun terakhir.

Nissan dan MMC telah sepakat untuk bekerja sama dalam berbagai bidang termasuk pengadaan (procurement), platform kendaraan, teknologi, utilisasi pabrik bersama dan pertumbuhan pasar.

Carlos Ghosn, Chief Executive dan Presiden Nissan, mengatakan dalam rilis resminya "Ini adalah terobosan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik Nissan maupun Mitsubishi Motors. Kerja sama ini menciptakan sebuah kekuatan baru yang dinamis dalam industri otomotif, bekerja sama secara intensif dan menghasilkan sinergi yang cukup besar. Kami akan menghormati merek mereka, sejarah dan meningkatkan prospek pertumbuhan bersama-sama. Kami juga akan senantiasa mendukung MMC dalam mengatasi tantangan dan menyambut mereka sebagai anggota keluarga terbaru”.

Dikutip dari rilis yang sama, Osamu Masuko, Chairman of the Board dan Chief Executive MMC, mengatakan "Melalui sejarah panjang kemitraan yang sukses Nissan Motor telah mengembangkan pengetahuan yang mendalam tentang memaksimalkan manfaat dari kemitraan aliansi. Perjanjian ini akan menciptakan nilai jangka panjang yang dibutuhkan untuk kedua perusahaan kami agar dapat maju menuju masa depan. Kami akan melakukan pendalaman kemitraan strategis termasuk berbagi sumber daya seperti pengembangan, serta pengadaan bersama."

Sementara Hana Maharani, Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia menyebut, "Saya baru baca soal itu di media. Kami belum dapat konfirmasi dari kantor pusat di Jepang. Jadi belum bisa memberi kerterangan soal ini."

Begitupun dari pihak Mitsubishi di Indonesia, "Belum bisa memberikan pernyataan. Karena harus dikonfirmasikan ke corporate di Jepang," kata Imam Choeru Cahya,  Head Of Sales Group Mitsubishi Motors Marketing Division, PT KTB.