Nissan Beli 500 juta Lembar Saham Mitsubishi

by RR21

Nissan Beli 500 juta Lembar Saham Mitsubishi
Keputusan Nissan untuk mengakuisisi saham strategis di MMC menandai mulainya peta percaturan baru dalam industri otomotif.

Dalam sebuah konferensi pers gabungan yang berlangsung di Yokohama hari ini (12/5) pukul 14.00 WIB, Nissan Motor Co, Ltd, (Nissan) dan Mitsubishi Motors Corporation, (MMC) mengumumkan bahwa kedua produsen kendaraan ini akan membentuk aliansi strategis yakni Nissan membeli 34% saham MMC.

Dikutip dari siaran pers di laman resmi Nissan global, sesuai dengan ketentuan transaksi Nissan akan membeli 506,6 juta lembar saham MMC yang baru diterbitkan seharga 468,52 yen per lembar saham. Artinya, Nissan akan menjadi pemegang saham terbesar dari MMC pada penutupan.

Keputusan Nissan untuk mengakuisisi saham strategis di MMC menandai mulainya peta percaturan baru dalam industri otomotif. Nissan sebelumnya telah bekerjasama dengan skema lintas kepemilikan saham selama 17 tahun dengan Renault. Nissan juga telah mengakuisisi saham dan menandatangani kemitraan dengan kelompok otomotif lainnya termasuk Daimler dan AvtoVaz.

MMC akan mengusulkan Nissan sebagai direktur dewan secara proporsional sebagai calon untuk menjadi Chairman of the Board. Akankah kepemimpinan Nissan akan membawa angin segar bagi MMC dalam mengatasi skandal konsumsi bahan bakar yang kini sedang melilitnya?

Foto: Reuters