Nissan-Mitsubishi Gotong Royong Kuasai Asia Tenggara

by RR21

Nissan-Mitsubishi Gotong Royong Kuasai Asia Tenggara
Upaya gotong royong dua pabrikan asal Jepang ini akan segera diaplikasikan di pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia sebagai pasar terbesar di kawasan ini.

Kabar kolaborasi Nissan–Mitsubishi semakin mengerucut ke arah strategis. Rupanya, upaya gotong royong dua pabrikan asal Jepang ini akan segera diaplikasikan di pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia sebagai pasar terbesar di kawasan ini.

Seperti dilansir oleh Reuters, analis melihat peluang besar bagi Nissan untuk berkembang lebih pesat di pasar Indonesia. Pangsa pasar mobil kecil Nissan di Indonesia hanya 2.5% sedangkan Mitsubishi jauh lebih besar dengan pangsa pasar 11 persen. Hal ini diamini Charlos Goshn, Chief Executive Nissan yang mengatakan “Kekuatan Mitsubishi merupakan area kelemahan kami. Karena itulah kami percaya bahwa Mitsubishi bisa sangat membantu.”

Nama Mitsubishi lebih mapan di Asia Tenggara, karena telah memiliki sejarah yang panjang dalam memproduksi dan pemasaran truk. Berbagi fasilitas manufaktur, pemasok dan dealer akan membantu menekan biaya produksi sebuah hal yang sensitif bagi pembentukan harga di pasar otomotif negara berkembang. "Dengan Mitsubishi, Nissan akan memiliki pijakan yang lebih baik bahkan dalam hal pengembangan mobil kecil," kata Puneet Gupta, Associate Director institusi konsultasi IHS Automotive.