Nissan Selamatkan Mitsubishi, Siapa Yang Untung?

by RR21

Nissan Selamatkan Mitsubishi, Siapa Yang Untung?
Pasar saham Jepang bereaksi beberapa saat setelah pengumuman kerjasama strategis antara Nissan Motor Corporation (Nissan) dan Mitsubishi Motor Company (MMC).

Beberapa saat setelah pengumuman kerjasama strategis antara Nissan Motor Corporation (Nissan) dan Mitsubishi Motor Company (MMC) yang berlangsung Kamis 12 Mei 2016, saham Nissan turun tipis 1,4 persen. Di sisi lain saham melonjak 16 persen seperti dilaporkan Associated Press. Nissan sepakat untuk membeli 34 persen saham MMC dengan nilai investasi sebesar 237 milyar yen (USD 2.2 milyar) yang sekaligus menempatkan Nissan sebagai pemegang saham terbesar MMC.

Penurunan saham Nissan dan peningkatan saham MMC merupakan reaksi pasar Jepang. Kondisi MMC yang sedang diguncang oleh skandal kecurangan pada tes jarak tempuh untuk meningkatkan angka ekonomi bahan bakar pada model mobil kecilnya menjadi faktor utama bagi para investor dalam pengambilan keputusan di pasar saham.

Nissan juga dilaporkan tengah mengalami penurunan profit pada kuartal pertama tahun 2016 (Januari-Maret) sejumlah 40 persen atau sebesar 71 milyar yen (USD 651 juta). Sedangkan pada periode yang sama tahun 2015 lalu, Nissan mencatat keuntungan sebesar 199 milyar yen.