Nissan Usung Punggawa untuk Benahi Skandal Mitsubishi

by RR21

Nissan Usung Punggawa untuk Benahi Skandal Mitsubishi
Dengan kepemimpinan dari seorang eksekutif Nissan, mereka yakin dapat membawa kembali kepercayaan investor, analis dan bankir terhadap Mitsubishi.

Nissan Motor Co (Nissan) pemegang saham terbesar Mitsubishi Motor Corp (Mitsubishi), bermaksud untuk menempatkan mantan eksekutifnya untuk memimpin reformasi pembenahan skandal manipulasi data konsumsi bahan bakar yang melilit Mitsubishi saat ini.

Seperti dilaporkan Reuters (23/5), menurut sumber internal yang tidak mau disebut namanya, Nissan dan Mitsubishi sudah pada tahap akhir kesepakatan untuk menempatkan Mitsuhiko Yamashita sebagai Kepala Teknis Mitsubishi. Yamashita adalah mantan Executive Vice President Nissan yang bertanggung jawab membawahi bidang produk dan teknologi serta riset dan pengembangan (R&D) dengan masa jabatan 2005-2014. Penetapan penugasan Yamashita akan difinalisasi pada rapat dewan direksi pada Rabu mendatang.

Dengan kepemilikan saham 34 persen di Mitsubishi, Nissan akan dapat mencalonkan sepertiga dari dewan direksi perusahaan. Nissan Chief Executive, Carlos Ghosn mengatakan bahwa ia yakin dengan kepemimpinan dari seorang eksekutif Nissan dapat membawa kembali kepercayaan investor, analis dan bankir terhadap Mitsubishi.

Source: Reuters.