Skandal Mitsubishi Merambat ke Proton

by RR21

Skandal Mitsubishi Merambat ke Proton
Saat ini Proton tersusul dengan brand lokal lainnya yaitu Perodua yang berbasis teknologi Toyota.

Produsen kendaraan nasional Malaysia, Proton mengumumkan akan melakukan penarikan sejumlah unit kendaraan yang di-rebranding dari model Mitsubishi Motors karena malfungsi indicator lampu sein sebelah kanan.

Proton seperti dilaporkan oleh Nikkei Asian Review (24/5) akan menarik sebanyak 20.330 unit Proton Inspira sedan produksi tahun 2010-2014. Proton Inspira adalah mobil yang di-rebranding dari Mitsubishi Lancer.

Proton juga meminta pemilik Exora produksi tahun 2009-2015 untuk melakukan pengecekan jalur bahan bakar pada kompartemen girboks ke dealer terdekat. Diprediksi sekitar 90.000 unit Exora terlibat dalam kampanye ini.

Sebelumnya Proton juga telah melakukan recall 95.000 unit Exora, Preve dan Suprima pada Februari lalu.

Penjualan Proton dalam beberapa tahun terakhir menurun drastis karena sentimen negatif konsumen serta kegagalannya untuk memperluas pasar di luar Malaysia. Saat ini penjualan Proton tersusul dengan brand lokal lainnya yaitu Perodua yang berbasis teknologi Toyota. Baru-baru ini, Proton mengalihkan fokusnya ke luar negeri dengan masuk kembali ke pasar Chile pada bulan Maret silam.