50 Tahun Toyota Corolla (5): Generasi 1-3

by RR21

50 Tahun Toyota Corolla (5): Generasi 1-3
Generasi awal Corolla memang sangat menentukan perjalanan ke depannya. Inilah 3 generasi awal yang di Indonesia jadi mobil idaman kala itu.

Mau tahu lebih dalam mengenai perjalanan metamorfosa Corolla? Berikut ini kami sajikan ulasannya  hanya untuk Anda.

Generasi 1 (1966–1970): Mobil untuk Semua Orang

Sesuai dengan konsepnya, Corolla diciptakan untuk menjawab kebutuhan era motorisasi Jepang. Corolla generasi pertama dibekali mesin berkapasitas 1.100 cc,  atau 100 cc lebih tinggi dari kompetitornya saat itu yaitu Nissan Sunny yang memiliki kapasitas 1.000 cc. Hal ini sengaja dilakukan Toyota untuk memastikan superioritas Corolla dibandingkan dengan model lain di kelasnya.

TMC

Pada awalnya generasi pertama Corolla hanya tersedia dalam bentuk sedan 2 pintu. Namun kemudian dikembangkan sedan 4 pintu dan jenis van untuk menambah jumlah pilihan bagi konsumen. Dengan adaya tiga model bodi, dilakukan pula penyesuaian mesin. Adapun dapur pacu Corolla generasi pertama yaitu mesin K 1.100 cc, mesin K-B sporty dilengkapi dengan  dobel karburator  dan mesin K-D, yang dapat meningkatkan output  rasio kompresi yang tinggi .

Corolla generasi pertama memiliki 9 pilihan warna dengan tema mitologi yaitu Aphrodite White, Zeus Blue, Meteoric Brown, Diana Olive, Ares Grey, Apolo Red, Neptune Turquoise, Pluto Beige, Juno Grey. Penamaan ini berdasarkan alasan agar Corolla mudah diterima secara global dengan memanfaatkan ketenaran nama-nama dewa dan pahlawan Yunani dan Romawi.

Generasi 2 (1970–1974): Bersaing di High Speed Era

Karakter yang menonjol dari generasi kedua Corolla adalah penguatan sisi sportif yang kemudian menelurkan “Corolla Levin”. Sesuai dengan namanya yang berarti “kilat”, Levin dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan generasi muda Jepang yang menyukai kecepatan. Levin dilengkapi mesin 2T-G 1.6-liter. Solex dobel karburator digabungkan dengan tata letak DOHC (Double Over Head Camshaft) terbaru untuk mencapai performa tinggi dengan output maksimum 115ps/6.400rpm dan torsi maksimum 14.5kg-m / 5.200 rpm. Dengan mesin bertenaga ini Levin mencapai hasil yang memuaskan di ajang motor sport dan membawa mesin 2T-G menjadi unit yang legendaris dalam sejarah permesinan Toyota. 

TMC

Generasi kedua Corolla memiliki kapasitas tangki yang mampu menampung 45 liter bahan bakar. Alasan pengaplikasian ukuran tangki sebesar itu tidak lain adalah untuk mengakomodasi kenyamanan pengendara yang ingin menempuh perjalanan jauh tanpa harus berhenti melakukan pengisian ulang bahan bakar. Saat itu jarak jalan bebas hambatan terpanjang di Jepang adalah 500 km.

Generasi 3 (1974 – 1979) “The Ultimate Family Car”

Corolla kembali disempurnakan kali ini dengan mengakomodasi gaya hidup konsumen saat itu. Chief Engineer Corolla generasi ketiga Shirou Sasaki sempat melakukan riset di Jerman yang hasilnya menemukan bahwa konsumen menyukai ruang bagasi yang luas. Atas dasar riset tersebut tim pengembang melakukan perbaikan dalam beberapa hal yaitu pertama fokus pada peningkatan kinerja mengemudi, fungsi, kenyamanan interior serta kesenyapan kabin. Kedua, peningkatan lebar kendaraan untuk mengakomodasi kebutuhan yang kekinian serta perbaikan kualitas interior. Dan yang terakhir peningkatan pengalaman mengemudi sekaligus tampilan eksterior kendaraan. Secara keseluruhan bodi Corolla generasi ketiga ini lebih panjang 50 mm dan lebih lebar 65 mm dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

TMC

Pengembangan Corolla generasi 3 sempat terbentur peraturan emisi gas buang yang diterapkan di Amerika yang juga diadopsi di Jepang. Untuk tetap menjaga performa tetap prima tetapi tetap ramah terhadap lingkungan, Toyota melakukan penyempurnaan pada mesin dengan sistem katalis, penerapan teknologi lean combustion serta metode turbulence generating pod combustion diaplikasikan untuk menurunkan emisi gas buang. Corolla generasi ketiga hadir dalam lima pilihan bentuk bodi yaitu sedan (2 dan 4 pintu), van, hardtop, liftback, hatchback dan coupe.

 

Baca Juga:

(Source: TMC & Others)