50 Tahun Toyota Corolla (6): Generasi 4-6

by RR21

50 Tahun Toyota Corolla (6): Generasi 4-6
Memasuki generasi 4 hingga 6, Corolla banyak mengalami perubahan. Salah satunya dengan sudah lebih meningkatkan kenyaman, keselamatan dan teknologi yang terkini pada masa itu.

Memasuki generasi 4 hingga 6, Corolla banyak mengalami perubahan. Salah satunya dengan sudah lebih meningkatkan kenyaman, keselamatan dan teknologi yang terkini pada masa itu.

Generasi 4 (1979–1983) “Aerodinamis dan Indah”

Bukan mobil kalau tidak indah, itulah yang menjadi filosofi Fumio Agetsuma, Chief Engineer Corolla generasi keempat. Dengan semangat tersebut, Agetsuma menginginkan Corolla memiliki desain yang khas, original dan menggambarkan pesan atau karakter yang jelas.

Toyota

Tiga jenis mesin yang tersedia pada generasi keempat ini, termasuk mesin baru 1.500 cc OHC (Over Head Camshaft) 3A-U, 1.300 cc 4K-U yang diwariskan dari generasi ketiga dan 1.600 cc DOHC (Double Over Head Camshaft ) 2T-GEU.Dalam perjalanannya, pada  Agustus 1979, lima bulan setelah rilis generasi keempat ini, Toyota memperkenalkan mesin 1.800 cc OHV 13T-U namun dihentikan pada bulan Agustus1981. Pada bulan Agustus 1981 di paruh kedua periode Model , 1.300 cc dan 1.500 cc mesin berevolusi menjadi LASRE 3A-U mesin LASRE 4K - U II II dan  dengan LASRE (Light- weight Advanced Super Response Engine). Pada  Februari 1982 di akhir periode model, mesin diesel OHC 1C 1.800 cc diadopsi untuk memenuhi kebutuhan masa itu.

Fitur keselamatan Corolla generasi keempat ini termasuk yang paling advance pada masanya. Toyota mengaplikasikan sabuk pengaman ganda ELR (Electronic Locking Reactor) yang mudah dikencangkan. Fitur lainnya adalah panel instrumen yang berpendar (illuminate) untuk menjamin visibilitas yang baik, kaca depan yang lebih besar dan cermin fender untuk rentang visual yang baik dan bumper yang dapat mengabsobsi gaya dan mengurangi dampak tumbukan

Pada Generasi keempat ini, Corolla menembus angka produksi10 juta unit.

Generasi 5 (1983–1987) “Penggerak Roda Depan”

Era baru bagi teknologi otomotif dunia yang juga diaplikasikan pada Corolla. Mulai dari generasi kelima ini, Corolla memiliki sistem penggerak roda depan yang menjamin stabilitas dan handling yang baik dalam kecepatan tinggi untuk jenis sedan. Sedangkan untuk van dan wagon masih menggunakan sistem penggerak belakang. Perubahan sistem penggerak juga membawa pengaruh pada suspensi. Grnerasi kelima Corolla menggunakan MacPherson strut dengan lengan berbentuk L yang lebih rendah untuk suspensi depan, sementara dual link strut lower arm  untuk suspensi belakang .

Toyota

Selain dua perubahan tersebut, para insiyur corolla sudah mengaplikasikan penggunaan komputer pada generasi Corolla ini. Inilah pertama kalinya Corolla mencicipi teknologi digital dalam pengembangan eksterior. Teknologi kekinian saat itu yang sudah diimplementasikan pada Corolla generasi kelima ini antara lain “auto drive” yang memungkinkan kecepatan mengemudi rendah tanpa harus menekan pedal gas, jam digital serta power window.

Namun Corolla generasi kelima ini  masih ada yang  dipertahankan dengan tarikan belakang. Yang kemudian menjadi popular dengan nama Hachi-Roku (86). Penamaan ini diambil dari kode kendaraan “AE86”.

Generasi 6 (1987–1991) “Corolla Beyond Corolla”

Fitur utama dari Corolla generasi keenam adalah mesin yang mengadopsi double-overhead cam mekanisme 4-katup baru yang disebut "High-Mecha Twin Cam." Pada saat itu, penggunaan double-overhead cam mekanisme 4-katup hanya digunakan oleh mobil sport karena menelan biaya yang mahal.

Toyota

Menanggapi hal tersebut, tim toyota melakukan modifikasi pada mesin tersebut sehingga diperoleh kinerja yang tetap prima dengan efisiensi bahan bakar yang kompetitif. Dalam menjaga kualitas kendaraan secara keseluruhan, tim Toyota melakukan kerjasama dengan lebih dari 100 produsen komponen.

Toyota

Tantangan lainya dalam pengembangan generasi keenam Corolla adalah mengurangi suara (noise) seperti kebisingan mesin, kebisingan jalan dan angin. Pada saat itu tim pengembang menggunakan metode "Comprehensive Vibration Noise Analysis System" yang telah diperkenalkan tahun 1983 sebagai perangkat untuk menganalisis dan mengidentifikasi suara kapal selam (pola suara). Dengan sistem ini, tim bisa menganalisis dan memvisualisasikan delapan jenis suara pada saat yang sama dalam waktu singkat. Berdasarkan hasil analisis, para engineer Corolla berhasil mengurangi getaran dari mesin dan bodi kendaraan sehingga menciptakan lingkungan kabin yang lebih senyap.

Baca Juga: