50 Tahun Toyota Corolla (8-Habis): Menuju Konsep Global

by RR21

50 Tahun Toyota Corolla (8-Habis): Menuju Konsep Global
Generasi ke 10 dan 11 Corolla sudah memasuki apa yang dibilang sebuah kendaraan modern. Penyempurnaan dari generasi ke generasi ini mulai terwujud di dua angkatan terakhir.

 

Generasi 10 (2006-2013) “Konsep Global”

TMC

Generasi kesepuluh Corolla meluncur ketika model ini memasuki usia 40 tahun.

Setiap generasi, Corolla memanfaatkan konsep-konsep baru dan teknologi yang dibutuhkan pada setiap masanya. Model Corolla konvensional telah dikembangkan berdasarkan pasar Jepang yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing negara. Di generasi ke sepuluh konsep tersebut dibalik. Pengembangan Corolla generasi 10 berfokus pada pemenuhan kebutuhan global, pada skala global dari sudut pandang global. Toyota mulai mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan performa dinamis di Eropa sebuah lingkungan yang sangat ketat terhadap kualitas dan “rasa” kendaraan. Untuk segi kepuasan pelanggan, Toyota melakukan riset dan pengembangan di Amerika Utara pasar terbesar Corolla. Hasilnya, pada tahun 2013 penjualan Corolla mencapai angka 40 juta unit.

TMC

“Rival terbesar Corolla adalah Corolla sendiri. Tugas terbesar kami selalu mencoba dan menggabungkan faktor superior dari tiap generasi Corolla untuk mengembangkan generasi berikutnya. Corolla generasi kesepuluh secara khusus dirancang dengan fokus memberikan pengalaman yang memuaskan sejak Anda memasuki mobil bahkan saat mobil belum menyala”, kenang Soichiro Okudaira, Chief Engineer bgenerasi 10 dalam situs resmi Toyota.

Generasi 11 (2013-sekarang) “WAKUDOKI”

TMC

Setelah mempertimbangkan banyak hal, seperti pendapat dari pelanggan, latar belakang sejarah dan misi Corolla itu sendiri, Sanichi Yasui, Chief Engineer Corolla generasi 11 mencapai opini bahwa model terbaru kali ini harus dirancang untuk merangsang WAKUDOKI atau melebihi ekspektasi pelanggan.

TMC

Setelah mengkaji beberapa skenario akhirnya tim pengembang menyimpulkan bahwa Corolla generasi terkini atau generasi ke sebelas ini harus memenuhi 3 unsur yaitu berani dalam memberikan perubahan desain yang substansial, menyuguhkan perubahan performa dinamis yang signifikan serta mengakomodasi value for money yang baik.

Setujukah Anda bahwa Corolla yang kini beredar di pasaran telah memenuhi tiga aspek tersebut?