Duo Mercedes Tabrakan karena mobil Rosberg Salah Seting

by Danu P Dirgantoro

Duo Mercedes Tabrakan karena mobil Rosberg Salah Seting
Pihak tim yang menaungi dua pembalap itu angkat bicara tentang apa yang sebenarnya terjadi hingga dua mobil tersebut tak bisa meneruskan lomba.

Drama tabrakannya duo Mercedes AMG Petronas yakni Lewis Hamilton dan Nico Rosberg mula terkuak penyebabnya. Pihak tim yang menaungi dua pembalap itu angkat bicara tentang apa yang sebenarnya terjadi hingga dua mobil tersebut tak bisa meneruskan lomba.

"Mobil Nico dalam setingan yang salah, dan itulah kenapa dia kehilangan tenaga di tikungan ketiga. Dia tak punya energi sebesar mobilnya Lewis," ungkap Toto Wolf, Executive Director of Mercedes AMG Petronas yang dilansir Motorspot (15/5).

Masih menurut Toto, pembalapnya yang kini memimpin perolehan klasemen sementara itu harusnya menyetel satu setingan pada tombol kemudi pada saat start. "Dan dia tidak melakukannya."

Terlepas dari isu kesalahan setingan, Toto tak menyalahkan apa yang telah dilakukan Rosberg. Tapi tentu sejauh ini menurutnya menjelaskan apa penyebab kecelakaan itu. "Sebuah kecelakaan balap tetaplah tak menguntungkan, bisa terjadi karena disebabkan berbagai kondisi," tambah Toto.

Kesalahan setingan pada mobil Rosberg juga diamini Lewis Hamilton. Menurut pembalap asal Inggris itu, Rosberg terlihat kehilangan kecepatan saat mencoba mendahuluinya dengan penuh ambisi. 

"Sebelum start kita harus memilih mode start-mesin apa yang digunakan dan hanya ada satu (mode) yang punya tenaga maksimal. Dan Rosberg tidak menyetelnya, saya duga dia berada dalam mode SC atau lainnya," tukas Lewis.